Jumat, 11 April 2014

Menjaga Keandalan Karburator Mesin Mobil

Karburator adalah salah satu bagian mesin mobil yang berfungsi melakukan pencampuran udara dan bensin. Kemudian campuran udara dan bensin diteruskan ke ruang bakar di dalam silinder mesin. Di dalam silinder pada waktu yang tertentu dan siklus yang tetap,  loncatan muatan listrik antara katoda-anoda busi mengeluarkan api, maka campuran udara-bensin terbakar dan menghasilkan tenaga. Pembakaran campuran udara-bensin di dalam silinder terselenggara dengan baik, karena bensin terlebih dahulu dikabutkan di leher [throttle] karburator. Piston menarik udara dengan cepat melalui throttle dan bensin yang keluar dari ruang pelampung terkabutkan dengan cepat pula. Semakin halus bentuk kabut bensin, maka semakin baik juga mutu pembakaran di dalam silinder dan menghasilkan tenaga lebih besar. Disamping kualitas pengabutan bensin, maka kualitas kelancaran pengaliran bensin dari ruang pelampung juga ikut menentukan kemudahan mobil pada waktu start.  

Kualitas kabut bensin dan pengaliran bensin sangat ditentukan keandalan kerja karburator, yakni membersihkan karburator paling sedikit 6 bulan sekali. Jika Anda bukan ahlinya, sebaiknya bawa saja mobil Anda ke bengkel spesialis karburator. Karburator adalah bagian mesin yang cukup rumit, karena membutuhkan keahlian dalam penyetelan yang tepat antara bensin-udara sehingga mesin mudah distart dan effisiensi pemakaian bensin. Saya sudah terbiasa melakukan pembersihan dan penyetelan karburator. Kalau Anda mau, Anda juga dapat membersihkan sendiri karburator mobil Anda. Tentu menyenangkan sekali, jika melihat semua bagian mesin, termasuk karburator dalam keadaan bersih. Mari mulai melakukan pembersihan.

  • Siapkan WD 40 dan Carburetter and Injection Cleaner.
  • Buka semua selang karet saluran utama bensin dari tangki.
  • Buka semua selang karet saluran udara [biasanya berdiameter 3/8 inchi].
  • Buka kabel listrik.
  • Buka mur dan baut pengikat karburator terhadap hose.
  • Semprotkan WD 40 ke semua bagian luar karburator yang kotor.
  • Biarkan.

Jika Anda belum berpengalaman membersihakn karburator, lakukan langkah demi langkah dibawah ini.
  • Buka semua baut penutup ruang pelampung.
  • Buka spuyer.
  • Bersihkan pelampung, ruang pelapung dan spuyer.
  • Pasang kembali spuyer pada tempatnya, begitu juga pelampung.
  • Ruang pelampung ditutup kembali dengan semua baut-bautnya.
  • Buka needle valve pengatur udara [pakai pegas]. Bersihkan lubangnya.
  • Pasang kembali needle valve.
  • Finishing touch, semprotkan Carburetter Cleaner ke semua lubang yang ada.
  • Semprotkan kembali WD 40 ke semua bagian luar.
  • Gunakan kuas kalau perlu.
  • Pasang kembali karburator.
  • Pasang kembali semua selang karet saluran udara.


Jadi, Anda membersihkan bagian demi bagian supaya Anda tidak kehilangan jejak ketika memasang kembali, kecuali Anda sudah berpengalaman langsung buka semua, bersihkan, pasang kembali. Jika karburator sudah siap dihubungkan kembali dengan hose, lakukan langkah-langkah berikut untuk tune up karburator.

  • Atur bukaan needle valve dua setengah kali putaran.
  • Hidupkan mesin.
  • Biarkan selama 5 menit.
  • Atur bukaan gas sehingga putaran mesin mencapai kira-kira 800 rpm.
  • Biarkan mesin hidup selama 15 menit.
  • Jika putaran mesin telah mencapai kestabilan, tune up sudah selesai.


Catatan : kerosene dapat digunakan menggantikan WD40.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar