Senin, 26 Desember 2016

Membersihkan Sand Filter Dengan Cara Mekanis

Pada 26 Desember 2016, setelah satu tahun empat bulan filter pasir mengalami kejenuhan sehingga debit air yang mengalir ke dalam bak kamar mandi dan dapur menjadi sangat kecil. Aku harus segera membersihkan filter sebab kalau tidak kami sekeluarga tidak dapat mandi. Hari Natal banyak acara, maka kebutuhan air untuk mandi juga harus tersedia cukup. Aku sudah merasakan debit air menurun sejak dua bulan yang lalu. Aku juga sudah menduga ini pasti filter pasir ini sudah mengalami kejenuhan. Kejenuhan firlter ini disebabkan rongga antar porositas butir-butir pasir sudah banyak terisi oleh lumpur besi. Air tanah di tempat tinggalku memang banyak mengandung zat besi. Air yang dipompa dari dalam tanah ditampung ke dalam tank pada mulanya memang jernih, tetapi setelah dibiarkan satu malam, air akan berubah warna menjadi cokelat, sebab besi bereaksi dengan oksigen yang terlarutkan ke dalam air. Hasil reaksi ini adalah FeO yang mengendap di dasar tank dan sebagian lainnya masuk ke dalam filter pasir ini. Endapan ini lumpur persenyawaan besi, seperti tanah liat. Membersihkan lumpur dengan cara back-flush tidak memungkinkan lagi, sebab sudah jenuh sekali. Aku memutuskan membersihkan dengan cara mekanis.

Kedua mainhole filter, atas dan bawah aku buka. Pasir yang penuh dengan lumpur berwarna cokelat ini aku tampung di dalam ember besar. Ember ini kemudian diisi dengan air bersih yang telah disiapkan, kemudian pasir dibilas sampai semua lumpur keluar dari celah-celah butiran pasir. Buang air bilasan ini. Ulangi lagi prosedur ini sampai lima kali. Masukkan pasir kembali ke dalam tabung filter. Tutup kedua mainhole atas dan bawah. Filter dapat digunakan kembali, tetapi air masih sedikit keruh sebab butir-butir pasir masih belum mem,adat di dalam tabung. Tunggu saja sampai satu minggu.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar